7 UMK Asal Gunungkidul Binaan PLN Sukses Go Global

Usaha Mikro dan Kecil (UMK) mitra binaan PT PLN (Persero) berhasil menembus pasar luar negeri. Tujuh UMK ini sendiri tergabung dalam program binaan PLN Rumah BUMN Gunungkidul, Yogyakarta.  Sebanyak tujuh UMK asal Gunungkidul ini berhasil memamerkan hasil produk kreatif dan makanan di Festival Pasar Senggol Turkey 2023 Edisi II, yang diadakan Diaspora Indonesia di Turki.

Direktur Utama PLN Darmawan Prasodjo mengatakan, pihaknya berkomitmen membantu UMK untuk naik level. Darmawan juga menyatakan bahwa PLN berkomitmen untuk mengembangkan potensi ekonomi kerakyatan. Sebagai BUMN penyokong ketahanan energi, Darmawan mengatakan PLN tidak hanya berfokus pada kelistrikan. Akan tetapi, PLN juga mencoba untuk tapi juga bisa membantu menggerakkan roda perekonomian masyarakat.

“PLN tak hanya bertugas memberikan pasokan listrik yang andal saja. Lebih dari itu, kami juga berperan sebagai katalisator perekonomian masyarakat, sejalan dengan prinsip Sustainable Development Goals (SDGs) yang kami jalankan,” ujar Darmawan, dikutip dalam keterangan resmi, Sabtu (23/09/2023)

Darmawan berharap tujuh UMK ini bisa memotivasi yang lainnya untuk mengembangkan usahanya. Hal ini mengacu pada tingginya demand pada pagelaran Festival Pasar Senggol, Diaspora Indonesia di Turki. Sehingga membuka potensi dan peluang untuk mengekspor hasil kerja UMK ke pasar global yang lebih luas. Sementara itu, Direktur Rumah BUMN Gunungkidul, Edhy Surbakty mengatakan Rumah BUMN Gunung Kidul akan membantu dalam proses ekspor barang dari Indonesia ke Turki.

“Kami juga membahas tentang komitmen bersama KJRI dalam membantu proses ekspor barang dari Indonesia ke Turki,” Bukan hanya itu, Edhy menambahkan  UMK Indonesia juga memiliki peluang untuk memasuki pasar di negara-negara Eropa melalui Turki. “Melalui Turki, kita juga bisa memasuki pasar Negara-negara Eropa,” ungkapnya.

Editor : Eva Martha Rahayu

Swa.co.id



Quoted From Many Source

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *