Beragam Manfaat Mengonsumsi Telur – Gaya Tempo.co

TEMPO.CO, Jakarta – Telur salah satu makanan pokok yang padat nutrisi baik. Adapun di antaranya asam amino esensial, protein, selenium, fosfor, kolin dan vitamin B12. Mengutip WebMD, rutin mengonsumsi telur ada banyak manfaatnya untuk kesehatan.

Manfaat telur dalam bagian putih dan kuning sama-sama memberikan keseimbangan protein, lemak, dan kalori yang tepat. Telur termasuk asupan makanan sehat, karena sumber protein lengkap.

Manfaat telur

1. Meningkatkan kadar kolesterol baik

Mengutip Healthline, telur asupan untuk meningkatkan kadar HDL. Konsumsi tiga telur  meningkatkan 6 persen sampai 13 persen HDL.

2. Sumber kolin 

Telur utuh sumber kolin yang baik bagi tubuh. Adapun kolin senyawa yang manfaatnya sama seperti vitamin. Kolin salah satu zat gizi dalam vitambin B kompleks yang mendekati folat.

Dalam satu butir telur setidaknya tersedia lebih dari 100 miligram kolin. Kolin bermanfaat untuk membangun membran sel dan nutrisi otak.  

3. Kesehatan mata 

Iklan

Telur mengandung lutein dan zeaxanthin, antioksidan yang membantu menangkal beberapa proses degeneratif mata. Adapun di antaranya mengurangi risiko katarak dan degenerasi makula terhadap mata. 

Mengonsumsi satu butir telur setiap hari meningkatkan kadar lutein dan zeaxanthin darah sebesar 26 persen dan 38 persen. Telur juga tinggi vitamin A.

4. Menyediakan asam lemak omega-3 

Merujuk Medical News Today, telur menyediakan asam lemak omega-3 , terutama dalam bentuk asam docosahexaenoic (DHA). DHA bermanfaat membantu menjaga fungsi otak dan penglihatan. 

5. Vitamin D 

Secara alami satu telur berukuran sedang mengandung sekitar 0,9 mikrogram vitamin D. Vitamin D ini sepenuhnya terkandung di dalam kuning telur. Vitamin D bermanfaat mengurangi risiko kelemahan tulang juga menjaga kesehatannya, 

Pilihan Editor: Memasak Telur, Ini 3 Variasi Resep Sederhana



Quoted From Many Source

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *