Edukasi serta Deteksi Dini Kejahatan Lewat Program Kampung Kamtibmas 

Selasa, 8 Agustus 2023 – 22:50 WIB

Manokwari – Polresta Manokwari melakukan program kampung Kamtibmas di Jalan Brawijaya RT04/RW07 Manokwari Barat Kabupaten Manokwari. Pasalnya, di daerah ini rawan kejahatan dan kecelakaan Lalu lintas dalam dua tahun terakhir.

Baca Juga :

Detik-detik Pengendara Motor Nerobos Palang Kereta Api, Helm Pembonceng Sampai Lepas

Dalam keterangan pers yang diterima, Rabu 9 Agustus 2023, Program kampung Kamtibmas merupakan bagian dari upaya peningkatan kemitraan Polisi dan masyarakat dalam upaya menekan angka kriminalitas di Manokwari.

Pembentukan ini berdasarkan bahwa sistem pengamanan lingkungan dalam bentuk edukasi serta deteksi dini kejahatan sehingga pada daerah kompleks atau perkampungan menjadi lebih terjaga yang pada akhirnya dapat mempengaruhi stabilitas kamtibmas di Kabupaten Manokwari.

Baca Juga :

Mahasiswa UIN Jalani Program KKN Hingga Malaysia dan Thailand

Penunjukan kampung kamtibmas di Brawijaya RT04/RW07 Manokwari Barat dengan jumlah kepala keluarga 114 jiwa adalah berdasarkan data gangguan keamanan sepanjang jalan Brawajiya dalam kurun waktu dua tahun belakangan merupakan daerah rawan kejahatan dan kecelakaan Lalu lintas.

Situasi ini karena lokasi jalur jalan Brawijaya yang hanya digunakan sebagai jalur jalan alternatif serta fungsi penerangan jalan yang kurang pada malam hari.

Baca Juga :

Melihat Ekonomi Masyarakat, Universitas Syiah Kuala Turunkan Biaya Kuliah Mahasiswa Baru

Kondisi ini menyebabkan angka kejadian sangat tinggi, sehingga dipandang perlu melakukan sebuah inovasi dalam bentuk sistem pengamanan lingkungan secara maksimal yang dapat mengedukasi masyarakat dalam hal Kamtibmas.

Halaman Selanjutnya

Kampung Kamtibmas ini memiliki empat konsep pembinaan. Kampung sadar hukum binaan Satreskrim Polresta Manokwari, kampung tertib lalu lintas binaan Satlantas Polresta Manokwari, kampung bersih narkoba ninaan Satnarkoba Polresta Manokwari, dan kampung Siskamling binaan Binmas Polresta Manokwari.



Quoted From Many Source

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *