Ketahui Pengertian Akuntansi dan Manfaatnya dalam Kehidupan

Rabu, 12 Juli 2023 – 15:39 WIB

Jakarta – Akuntansi adalah suatu bidang studi dan praktik yang berhubungan dengan pengukuran, pengklasifikasian, dan pelaporan informasi keuangan suatu entitas.

Baca Juga :

Dirjen Pajak Ungkap Tax Ratio RI Kecil saat Pandemi, Simak Penjelasannya

Bidang ini berperan penting dalam mencatat dan menganalisis transaksi keuangan serta menyediakan informasi yang relevan untuk pengambilan keputusan. Berikut penjelasan mengenai Pengertian Akuntansi dan mafaatnya yang VIVA dapat berikan dilansir dari berbagai sumber:

Baca Juga :

Sektor Industri Kontributor Tertinggi Pajak pada Semester I – 2023

Pengertian Akuntansi

Akuntansi melibatkan proses pengumpulan, pengolahan, dan pengkomunikasian data keuangan. Tujuannya adalah untuk memberikan informasi yang akurat, relevan, dan dapat dipercaya kepada pihak-pihak yang berkepentingan, seperti pemilik perusahaan, investor, kreditor, dan pemerintah.

Baca Juga :

Dukung Kinerja Ekspor, Bea Cukai Jogja Kembali Berikan Fasilitas KITE IKM

Salah satu konsep dasar dalam akuntansi adalah prinsip keberlanjutan (going concern), yang mengasumsikan bahwa entitas akan terus beroperasi dalam jangka waktu yang dapat diprediksi. Dalam akuntansi, entitas dianggap sebagai entitas yang terpisah dari pemiliknya, sehingga memiliki catatan dan laporan keuangan yang terpisah.

Halaman Selanjutnya

Ada beberapa prinsip dan standar akuntansi yang digunakan dalam mengelola informasi keuangan. Salah satu standar yang paling umum diterapkan adalah Standar Pelaporan Keuangan (SPK) yang dikeluarkan oleh Badan Standar Akuntansi Keuangan Internasional (IASB).

img_title



Quoted From Many Source

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *