Kolaborasi Bantu Kemajuan UMKM Wujudkan Digitalisasi

PT Tugu Reasuransi Indonesia, Tbk (Tugure) bekerja sama dengan Sirclo menyelenggarakan kegiatan bertajuk ‘Panen Omset’ dengan tema Lokakarya Sustainable Business UMKM.

Panen Omset adalah rangkaian kegiatan yang diinisiasi untuk mendukung UMKM di Indonesia, agar dapat berkembang melalui digitalisasi bisnis. Dalam program ini, para UMKM diedukasi dan didampingi melalui workshop dan pelatihan dari para ahli agar semua peserta dapat merasakan manfaat dan pertumbuhan bisnis mereka di penghujung program.

Dalam sambutannya Corporate Secretary Group Head Tugure Yuliani Winarsih mengatakan, sebagai bentuk penerapan tata kelola perusahaan yang baik, Tugure mengimplementasikan prinsip ESG (Environmental, Social, & Governance) yang diaplikasikan melalui kegiatan-kegiatan korporasi, salah satunya adalah kegiatan Corporate Social Responsibility (CSR).

“Adapun dalam pelaksanaannya, tentu kami mengacu pada nilai-nilai yang terdapat dalam SDGs atau Tujuan Pembangunan yang Berkelanjutan, dimana UMKM memiliki peran yang penting dalam mewujudkan tujuan dari SDGs tersebut. Kami percaya bahwa UMKM adalah tulang punggung ekonomi lokal dan dengan mendukung pertumbuhan dan perkembangan UMKM kami dapat membantu menciptakan dampak positif yang lebih besar,” tuturnya.

Yuliani menuturkan bahwa dalam menghadapi era digital dewasa ini UMKM dituntut untuk mampu beradaptasi dengan cepat, serta memanfaatkan peluang ekonomi dan meningkatkan daya saing. Ditambah ketidakpastian yang harus dihadapi pascapandemi Covid-19 . Mengutip rilis Katadata Insight Center (ayoritas UMKM (82,9%) merasakan dampak negatif dari pandemi. Maka dirasa perlu perhatian khusus bagi UMKM / agar dapat mewujudkan pertumbuhan ekonomi yang berkelanjutan. “Pengembangan UMKM bukan hanya tentang memberikan bantuan finansial tetapi juga tentang memberikan pelatihan pendampingan, dan sumber daya yang mereka butuhkan untuk tumbuh dan berkembang,” terangnya.

Adapun salah satu aspek penting dari program Panen Omset adalah memberikan akses kepada UMKM untuk pelatihan dan pendampingan dalam berbagai bidang seperti manajemen bisnis pemasaran dan teknologi. Dia berharap dengan adanya program ini dapat membantu mengurangi tingkat pengangguran dan meningkatkan kesejahteraan masyarakat secara keseluruhan.

Chief Executive Officer Entrepreneur Solutions Sirclo Ferry Tenka menyampaikan, rangkaian kegiatan ini untuk mendukung UMKM di Indonesia agar dapat berkembang melalui digitalisasi bisnis. “Dalam program ini, para UMKM akan diedukasi dan didampingi melalui workshop dan pelatihan dari para ahli agar semua peserta dapat merasakan manfaat dan pertumbuhan bisnis mereka di penghujung program,” ujarnya.

Editor : Eva Martha Rahayu

Swa.co.id



Quoted From Many Source

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *