Perkokoh Rantai Pasok, CLEO Menyiapkan Investasi Rp 180 Miliar ke SPS

Foto : Dok.

PT Sariguna Primatirta Tbk (CLEO), produsen air minum dalam kemasan (AMDK), segera merealisasikan rencana untuk melakukan integrasi vertikal atas supply chain bisnis distribusi yang selama ini dijalankan PT Sentralsari Primasentosa (PT SPS). Untuk itu, CLEO akan menyuntikkan dana sebesar Rp 180 miliar untuk penyertaan saham sebesar 80% di SPS.

Rencananya, dana ini akan digunakan PT SPS untuk menambah armada kendaraan distribusi, setelah mendapatkan persetujuan pemegang saham Independen pada Rapat Umum Pemegang Saham Luar Biasa pada 30 November 2023. Transaksi penyertaan saham tersebut juga telah mendapatkan pendapat kewajaran (fairness opinion) dari kantor jasa penilai publik yang independen.

SPS merupakan perusahaan distribusi barang-barang konsumsi atau FMCG yang terutama mendistribusikan produk CLEO ke seluruh Indonesia. Saat ini, SPS memiliki 337 depo yang tersebar di seluruh Indonesia, dengan ribuan armada. SPS merupakan distributor yang dipercaya CLEO untuk mendistribusikan seluruh produk CLEO ke seluruh pelosok Indonesia. “Kami yakin pengintegrasian ini akan meningkatkan efektifitas dan efisiensi pengelolaan manajemen distribusi produkproduk yang dimiliki Perseroan dalam satu payung grup usaha mengingat PT SPS merupakan distributor tunggal CLEO. Kami optimis pengintegrasian ini juga akan memberikan kontribusi yang positif bagi kinerja CLEO secara keseluruhan karena pertumbuhan bisnis AMDK di Indonesia masih sangat besar” kata Melisa Patricia, CEO dari CLEO pada Jumat (3/11/2023).

Perseroan juga ingin proses akuisisi ini dilakukan sesuai prosedur yang berlaku sesuai peraturan dan ketentuan yang berlaku serta mengikuti tata kelola perusahaan yang terbaik bagi seluruh pemegang saham. Langkah pengintegrasian ini merupakan bagian dari strategi antisipasi Perseroan terhadap potensi pertumbuhan kebutuhan air minum yang semakin tinggi, seiring kembali normalnya kegiatan masyarakat pasca pandemi.

Pengintegrasian bisnis distribusi ini diharapkan akan memperkuat kemampuan CLEO dalam melakukan penetrasi pasar. Selain itu, integrasi vertikal CLEO dengan SPS ini juga diharapkan mampu memberikan dampak positif bagi kinerja CLEO secara keseluruhan dengan adanya potensi pertumbuhan PT SPS dalam mendistribusikan produk-produk FMCG lainnya mengingat SPS memiliki cakupan wilayah distribusi yang luas dan ekstensif yang tersebar di seluruh wilayah Indonesia, serta didukung oleh manajemen yang berpengalaman serta armada dan infrastruktur distribusi yang kuat .

Bukti nyata dari konsistensi CLEO dalam meraih pertumbuhan yang tinggi tercermin dari kinerja keuangan terakhir di kuartal 3-2023, dimana berhasil membukukan laba bersih Rp 204,8 miliar pada kuartal III/2023, atau tumbuh 35,7% secara tahunan. Selama sembilan bulan pertama 2023 ini, perseroan mencatatkan penjualan sebesar Rp 1,15 triliun, atau meningkat 13,6%.



Quoted From Many Source

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *