Puan Maharani Yakin Tak Ada Peran Jokowi dari Merapatnya Golkar dan PAN ke Prabowo

TEMPO.CO, Jakarta – Ketua DPP Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan atau PDIP Puan Maharani yakin tak ada peran Presiden Joko Widodo atau Jokowi di balik bergabungnya Partai Amanat Nasional (PAN) dan Partai Golkar ke kubu Prabowo Subianto. Puan memegang pernyataan Jokowi yang pernah menyebut tak akan mencampuradukan urusan politik dengan pemerintahan. 

“Enggak, kami enggak melihat itu (Jokowi ikut campur tangan),” ujar Puan saat ditemui di kawasan Istana Merdeka, Jakarta Pusat, Kamis, 17 Agustus 2023. 

Ketua DPR itu menyebut Jokowi saat ini fokus bekerja untuk menyelesaikan pekerjaan rumahnya. Apalagi, saat ini periode pemerintahan Jokowi kurang dari satu tahun lagi.  “Saya lihat beliau fokus dalam menyelesaikan pekerjaan rumahnya,” kata Puan. 

Sebelumnya, Golkar dan PAN secara resmi menyatakan bergabung dengan Koalisi Kebangkitan Indonesia Raya atau KKIR dan mendukung Prabowo Subianto sebagai capres. Deklarasi itu dilakukan di Museum Perumusan Naskah Proklamasi, Jakarta Pusat pada Ahad lalu, 13 Agustus 2023.

KKIR sebelumnya hanya beranggotakan Partai Gerindra dan PKB. Satu partai lainnya yang sudah menyatakan bergabung dalam koalisi itu adalah Partai Bulan Bintang.

Iklan

Sebelum bergabung dengan KKIR, PAN bersama Golkar dan Partai Persatuan Pembangunan (PPP) telah membentuk Koalisi Indonesia Bersatu (KIB). Koalisi ini retak setelah PPP kemudian menyatakan mendukung Ganjar Pranowo sebagai capres.

PAN sebelumnya empat berkomunikasi dengan PDIP setelah ketua umum kedua partai, Zulkifli Hasan dan Megawati Soekarnoputri bertemu di Kantor DPP PDIP pada awal Juni lalu. Zulkifli sempat mengakui mereka menyodorkan nama Erick Thohir untuk menjadi cawapres Ganjar. Akan tetapi tidak ada kesepakatan di antara kedua partai saat itu.

Pilihan Editor: Puan Maharani Ungkap Alasan Program Food Estate Prabowo Tuai Kritik PDIP



Quoted From Many Source

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *